Menyiapkan Diri Menuju Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional

"Tulisan ini di ikut sertakan pada lomba blog di binadarma dalam rangka Dies natalis ke-20 dan lustrum ke-4 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma."

Perkembangan zaman di era globalisasi telah membawa banyak perubahan besar pada bidang kehidupan kita, baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya, bidang pendidikan serta yang terlihat jelas perkembangannya hingga saat ini yaitu bidang IT. bagi bangsa yang tidak bisa mengimbangi perkembangan zaman ini tentunya akan tertinggal jauh dari bangsa lainnya, karena seiring berjalannya waktu semua aspek bidang kehidupan secara perlahan-lahan mengalami perkembangan yang drastis terutama dalam bidang IT.

IT dan manfaatnya bagi manusia
Tidak dipungkiri bahwa pesatnya perkembangan di bidang IT saat ini karena besarnya manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dan dampak langsung yang bisa mereka rasakan dalam kehidupan. Misalnya saja dalam pemenuhan kebutuhan akan informasi, berkembangnya IT membuat pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi kini menjadi semakin mudah, cepat serta efisien, dalam hal ini sebut saja Internet.
*source google
Hadirnya internet seperti menjawab keinginan masyarakat akan kebutuhan informasi. selain kemudahan akses, banyaknya informasi-informasi yang tersedia di internet semakin menguatkan perkembangan IT saat ini. hadirnya internet juga ditopang dengan tersedianya perangkat komputer yang dapat memepermudah manusia dalam mengolah informasi yang ada. 

Pentingnya Pendidikan Berbasis IT
Berkembangnya IT tentunya menuntut kita sebagai manusia untuk terus mengimbangi perkembangan ini. penggunaan perangkat IT serta pembelajaran tentang IT dalam pendidikan adalah satu contoh usaha manusia untuk mengimbangi perkembangan IT. Mengingat pendidikan itu sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita, dengan pendidikan dapat memberikan kita pengetahuan bagaimana cara kita dalam bersikap, bertutur kata serta mempelajari perkembangan yang terjadi di dunia dan bisa kita manfaatkan untuk masyrakat luas.
*source google
Banyak memang manfaat yang dapat kita rasakan dari berkembangnya IT. Namun disisi lain perkembangan IT tidak selaras dengan penerapannya dalam kehidupan. Penyalahgunaan IT seperti menjadi hal yang lumrah saat ini, padahal untuk menuju pendidikan berbasis IT kita membutuhkan dasar yang kuat bahwa berkembangnya IT adalah untuk mempermudah pekerjaan kita dalam mendapatkan informasi serta menambah pengetahuan serta mengembangkan IT untuk keperluan masyarakat luas.

Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional
Hampir semua Negara di dunia telah berbasis IT dalam penerapan pendidikannya. Pendidikan berbasis IT dan berstandar internasional tentunya akan menghasilkan individu yang berkualitas serta memiliki daya saing dalam kancah internasional.
*source google
Berbicara tentang Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional, saya sendiri saat ini sedang mengenyam pendidikan di sebuah perguruan tinggi swasta di Palembang yakni Universitas Bindarma Fakultas Ilmu Komputer Program studi Tekhnik Informatika dan sekarang sedang berada di semester 4. Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional sendiri merupakan Visi dari kampus saya tercinta ini, dan niat untuk mewujudkan itu pun sudah terlihat bahkan telah diterapkan di Universitas Binadarma.
*source binadarma.ac.id
Dalam kegiatan dikampus saya Universitas Binadarma telah di tunjang perangkat IT contohnya pada kegiatan pembelajaran melalui sistem e-learning dan tersedianya koneksi internet wifi yang sangat menunjang akan kebutuhan informasi lalu fasilitas lab komputer sehingga mahasiswa dapat mempraktekan dan mencoba apa-apa saja materi yang telah di berikan oleh tenaga pengajar atau dosen lalu tersedianya kelengkapan penunjang pengajaran yakni proyektor sehingga penyampaian materi lebih jelas kepada mahasiswa. Hal ini tentunya akan menyokong tercapainya visi menuju Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional di Universitas Binadarma. Di kampus saya Universitas Binadarma juga telah menyediakan tenaga pengajar dan dosen yang kompeten serta professional, karena untuk Menuju Pendidikan Berbasis IT Tentunya tidak cukup jika hanya di topang pelajaran serta kelengkapan perangkat IT, namun juga  membutuhkan tenaga pengajar atau dosen Professional yang memiliki basis IT serta ahli dibidangnya, dengan tenaga pengajar atau dosen yang ahli di bidang IT tentunya akan  menghasilkan lulusan yang berkualitas, berkarakter serta mampu bersaing di kancah internasional.

Oh iya tulisan ini di ikut sertakan pada lomba blog di binadarma dalam rangka Dies natalis ke-20 dan lustrum ke-4 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma. Tak banyak memang yang dapat saya tuangkan dalam tulisan ini namun saya berharap semoga dari tulisan saya ini turut membuat acara ini semakin meriah dan menambah semangat kita untuk menyiapkan diri menuju pendidikan berbasis IT dan berstandar Internasional di indonesia terutama di kampus saya, Universitas Binadarma. Salam 

"Menuju Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional" 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyiapkan Diri Menuju Pendidikan Berbasis IT dan Berstandar Internasional"

Post a Comment