Manfaat dan Penerapan Sistem Informasi

Happy blogging sobat, entah sudah beberapa lama tidak ngeblog nih karena aktifitas kuliah yang padat dan kesibukan diluar yang membuat saya fakum dalam aktifitas blogging ini. Sedikit berbagi pengalaman kemarin saya mampir ke Basecampnya HIMSIF ( Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi ) di Kampus C Binadarma, berhubung saya juga memiliki seorang teman yang mengambil jurusan sistem informasi jadi bisa sedikit sharing tentang apa dan bagaimana penerapan sistem informasi serta manfaat dari penerapan sistem informasi tersebut, Nah pada artikel ini kita akan membahas sedikit tentang Sistem Informasi.
Apa Itu Sistem Informasi?
Mendengar kata sistem informasi, mungkin di benak kalian akan muncul pertanyaan “apa itu sistem informasi?” Banyak defenisi yang akan kalian temukan di internet, entah itu google, Wikipedia ataupun situs lainnya. Kalian akan mendapatkan banyak penjelasan, paparan dan defenisi dari kata ini, misalnya saja beberapa defenisi yang saya temukan berikut.
  1. Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik. Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), kontrol atau komponen pengendali.
  2. Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan .
  3. Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan. 
  4. Sistem Informasi adalah Proses yang menjalankan fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk kepentingan tertentu; kebanyakan SI dikomputerisasi.
  5. Suatu sistem informasi (SI) atau information system (IS) merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari-hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung memecahkan soal dan kebutuhan pembuat-keputusan manejemen dan para pengguna yang berpengalaman di bidangnya.
Beberapa defenisi diatas adalah dari sekian banyak data yang saya temukan di internet. Rata-rata sih maksudnya hampir sama cuma tata bahasanya saja yang berbeda. Tapi..
Gini deh… saya akan simpulkan garis besar dari beberapa defenisi diatas, Sistem Informasi adalah kumpulan komponen yang mencakup input, output dan proses yang terjadi didalamnya yang tersusun atas informasi yang terintegrasi, memiliki tujuan untuk menyelesaikan target atau sasaran tertentu.

Lantas bagaimana contoh penerapan sistem informasi?

Setelah tau apa defenisi dari sistem informasi, pertanyaan selanjutnya yang muncul di benak kalian adalah “bagaimana penerapan sistem informasi dan manfaatnya?”
Pesatnya perkembangan dan kemajuan tekhnologi saat ini memang telah membawa banyak perubahan besar bagi manusia, apalagi dengan hadirnya internet yang membuat pertukaran informasi semakin mudah dan meluas. tentunya hal ini membuat kita harus bisa mengimbanginya dengan menerapkan penggunaan teknologi dan sistem informasi dalam kehidupan saat ini.

Inget dulu saat kalian mendaftar sekolah baik SD, SMP ataupun SMA? Para pegawai di sekolah tentunya akan mendata secara manual setiap anak yang akan mendaftar di sekolah tersebut. Ribet memang, bayangkan jika yang mendaftar puluhan anak atau bahkan ratusan, tentunya beban pegawai sekolah akan semakin berat dan tingkat kesalahan akan semakin besar.

*pendaftaran manual

Hadirnya sistem informasi di sini membuat pekerjaan para pegawai sekolah ini menjadi terbantukan, sebut saja dengan adanya sistem informasi pendaftaran online yang terkomputerisasi, para calon pendaftar tidak perlu repot untuk datang ke sekolah untuk mendaftar karena mereka dapat melakukan dari rumah dan para pegawai juga tidak perlu repot menuliskan nama pendaftar satu-persatu. 

Lalu contoh lainnya adalah penerapan Sistem Informasi dalam dunia perbankan, pernah pergi ke Bank bukan? Baik itu untuk menyimpan ataupun mentransfer sejumlah uang. Memberikan nomor rekening ke teller bank lalu mereka dengan sigap memasukkan data dan nominal uang yang akan di simpan ataupun di transfer ke rekening tujuan. Hal ini juga merupakan salah satu penerapan sistem informasi yang ada disekitar kita. Nah, pemanfaatan sistem informasi pada dunia perbankan ini juga telah di terapkan di banyak Bank di Indonesia, salah satunya BANK SUMSELBABEL, Hal ini terlihat dari visi dan misi BANK SUMSELBABEL diantaranya, 
  1. Membantu mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah. 
  2. Menumbuhkembangkan Retail Banking, Corporate Banking, dan International Banking. 
  3. Mengembangkan Human Capital yang profesional dan tata kelola perusahaan yang baik.
Penerapan Sistem Informasi dalam dunia perbankan seperti ini tentunya sangat membantu para nasabah dalam melakukan aktifitas transaksinya. seperti ATM/Debit Visa Bank Sumsel Babel, SMS Banking Telepati, Phone Banking, Safe Deposit Box dan banyak fitur lainnya di menu Produk pada website Bank SumselBabel.
Beberapa fitur yang di berikan Bank SumselBabel tersebut tentunya dapat mempermudah para nasabah dalam melakukan aktifitas perbankannya. Lengkapnya kalian bisa mengakses website dari Bank SumselBabel di www.banksumselbabel.com .

Penerapan Sistem Informasi juga telah dilakukan oleh instansi-instansi Pemerintahan juga lho guna menyebarkan informasi yang ada di kelembagaannya. Misalnya saja nih KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan KPU (Komisi Pemilihan Umum).


Dan tak hanya itu gaes, Dalam dunia pendidikan di Indonesia penerapan sistem informasi sangat berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan serta akademik. Sebut saja kampus saya Universitas Binadarma, penerapan sistem informasi sangat membantu saya dan mahasiswa lainnya dalam menunjang aktifitas perkuliahan, baik itu mendapatkan materi perkuliahan, entry jadwal, mengirim tugas bahkan melakukan pembayaran semester.

*interface sistem informasi binadarma
Salah satu Program Studi di Universitas Binadarma sendiri adalah Program Studi Sistem Informasi, buat kalian yang penasaran dengan Program Studi Sistem Informasi bisa langsung lihat pada websitenya, disana kalian bisa melihat visi misi, struktur organisasi serta Prospek pekerjaan lulusan Sistem Informasi Binadarma, atau bagi kalian yang tertarik untuk berorganisasi juga bisa bergabung dengan HIMSIF.

*logo HIMSIF
HIMSIF sendiri adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi yang merupakan salah satu organisasi di Universitas Binadarma. Visi dan misi HIMSIF adalah untuk menjadi wadah mahasiswa program studi sistem informasi untuk mengembangkan kreatifitas dan bakat serta menjalin silaturahmi antar mahasiswa/i juga berperan aktif dalam dunia kemahasiswaan untuk menopang kemajuan.
Oke Gaes… mungkin sampai disini saja bahasan kita, dari beberapa contoh penerapan sistem informasi di atas kita telah bisa melihat danm merasakan banyak manfaat yang di dapatkan dari Penerapan Sistem Informasi dalam mempermudah pekerjaan kita.

Terakhir saya pribadi mengucapakan Selamat Ulang Tahun Buat HIMSIF (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) yang ke-XII. Semoga tetap jaya dan dapat menjaga visi dan misinya sebagai wadah mahasiswa mengenbangkan kreatifitas dan menopang kemajuan iptek.


Tulisan ini saya ikutkan pada lomba blog dalam rangka memperingati Ulang Tahun HIMSIF (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) Ke - XIII.


Dan Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk BANK SUMSEL yang telah mendukung Terselenggaranya Lomba Blog yang di adakan oleh HIMSIF Universitas Binadarma, Semoga BANK SUMSEL tetap Dekat, Erat, Bersahabat dan Menjadi Bank Terkemuka dan Terpercaya dengan Kinerja Unggul. "Bank Sumsel Babel, Mitra Anda Membangun Daerah".
*Artikel ini di ikut sertakan dalam Lomba Blog HIMSIF

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Manfaat dan Penerapan Sistem Informasi"

  1. Sistem informasi memamng memiliki banyak manfaat sob! saya sebagai mahasiswa merasa terbantukan dengaditerapkannya sis.informasi khususnya dalam perkuliahan saya! :D

    selamat ulang tahun buat HIMSIF! semoga makin jaya !!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap.. begitulah seharusnya sob, hadinya sistem informasi akan membantu pekerjaan dan aktifitas kita menjadi semakin mudah. sistem informasi kampus merupakan sebagian kecil dari contoh penerapannya saat ini.

      thanks kunjungan dan komentarnya.. !

      Delete
  2. terima kasih informasinya kak..sangat bermanfaat, oh y selamat ultah buat himsif ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama*, terima kasih telah berkunjung..
      semoga bermanfaat ya..

      Delete
  3. Thanks infonya gan !

    ReplyDelete
  4. Emmm dengan adanya sistem informasi diharapkan masyarakat dapat update informasi tak terkecuali tentang perbankan. Ini juga sangat penting bagi saya selaku blogger

    ReplyDelete
  5. Emmm dengan adanya sistem informasi diharapkan masyarakat dapat update informasi tak terkecuali tentang perbankan. Ini juga sangat penting bagi saya selaku blogger

    ReplyDelete