Sejarah dan Popularitas Stand Up Commedy di Indonesia

Stand Up Comedy,sebenarnya mendengarkan kata ini bagi saya sendiri agak asing sih,saat  mendengarkannya aja terlintas di pikiran "ni apa ya stand stand ?? " hmmm katrok mungkin ? tidak lah ,suatu malam iseng-iseng gonta ganti channel televisi saya menemukan sebuah statsiun televisi yang menyiarkan stand up comedy,ya apa boleh buat, pandangan tertuju pada satu orang yang mana berdiri sambil memegang mik(microphone) sembari melanturkan cerita lucu gitu, kadang sih ya berhasil bikin tertawa. 



Stand Up Comedy merupakan bentuk dari seni komedi atau melawak yang disampaikan secara monolog kepada penonton. Biasanya ini dilakukan secara live dan komedian akan melakukan one man show. Meskipun di sebut dengan stand up comedy, komidian tidaklah selalu berdiri dalam menyampaikan komedinya. Ada beberapa komidian yang melakukannya dengan duduk dikursi persis seperti orang yang sedang bercerita.



Bicara popularitas stand up comedy di indonesia sepertinya sudah mulai meningkat , ya tentunya ini dapat kita lihat dari bermunculannya event event stand up comedy  yang diadakan oleh komunitas komunitas , juga ke ikut sertaan artis dalam event ini yang merangkap sebagai comicus sebutan bagi pelaku stand up comedy.



Seperti menjadi sebuah pemicu atau pertanda bahwa popularitas stand up comedy di indonesia yang mulai meningkat dan populer , penayangan acara stand up comedy pun juga mulai ada di televisi indonesia.seperti metro tv yang menayangkan stand up comedy di televisi , ragam acara senada dengan stand up comedy pun ada seperti Open Mic , notabene alurnya sama , ada penonton ada pencerita nya ada kameramennya ada editornya ada lighting nya ..lho kok :D.

stand up comedy amat di terima masyarakat,meski terbilang tak semua masyarakat mengetahui apa  itu stand up comedy.Namun setidaknya stand up comedy memberi warna baru dalam dunia hiburan tanah air yang terbilang acara hiburan di stiap stasiun televisinya sama namun beda pengemasannya saja.

Sejarah Stand Up Commedy
Stand up comedy berasal dari Eropa dan amerika yang telah aa sejak abad ke 18.Stand up comedy ini sendiri telah populer di abad itu , pelaku stand up comedy biasa di sebut stand up comic,namun di negara kita indonesia lebih familiar dengan panggilan comicus.
Stand up comedy sering di lakukan di cafe,bar atau pun teater,Tak mudah menjadi seorang stand up comic alias comicus pada saat itu , penggunaan alat bantu guna menyokong penampilan sang comicus amat di perlukan.Bahan yang menjadi sebuah lelucon amatlah terkonsep,bagi seorang comicus,membaca situasi dan membuat sebuah konsep amatlah penting,pola berpikir dalam menciptakan guyonan pun akan sangat di uji dalam stand up comedy.



Tokoh stand up comedy

Rowan Atkinson, kenal dengan aktor hollywood satu ini,lebih familiar di panggil MR.BEAN,aktor kawakan yang satu ini tentunya sudah kita kenal,ciri khasnya dalam berakting sangatlah melekat , siapa sangka aktor yang satu ini dulunya pernah menjadi seorang comicus,ya sebelum menjadi terkenal seperti saat ini Rowan Atkinson "Mr.Bean" mengawali karir dengan menjadi seorang comicus. 


Yap itulah tadi mengenai sejarah stand up commedy dan popularitasnya di indonesia,menilik perkembangannya serta ratingnya stand up commedy bakal terus meroket dan akan mendapat tempat di hati penikmat hiburan di indonesia..

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Sejarah dan Popularitas Stand Up Commedy di Indonesia"

  1. jarang nonton klo stand up comedy,.. tapi sekali dua kali sih pernah,.. lumayan lah buat ngocok perut.. heheheee

    ReplyDelete
  2. @apink ...hehehe saya juga udah jarangan nih pink..
    asli! ngakak ..perut sakit kalo nontonnya ckckkck

    ReplyDelete
  3. hal yang selalu ingat ketika saya menonton Stand Up Comedy Show adalah kata-kata"KW"..hehehehe

    ReplyDelete
  4. @misbahudin..hkhkhkhk waduhhh :D

    ReplyDelete
  5. ak plg suka nonton pas rebutan piala,
    klo open mic nya kurang lucu :D

    ReplyDelete
  6. hkhkhk
    iya open mic emg kayak kalah pamor gitu gan

    ReplyDelete
  7. mas pun..gmna cra menghapus tulisan dalam blog..trims

    ReplyDelete